Blog Si ARA

Selasa, 13 Oktober 2020

Yuk Cari Tahu Tips Cerdas Memilih Minyak Zaitun Asli, Simak Disini

Memilih Minyak Zaitun

Bukan rahasia lagi jika virgin olive oil sangat bermanfaat untuk kesehatan secara umum. Apalagi dengan adanya kandungan lemak sehat yang dibutuhkan tubuh, wajar bila minyak ini sering dijadikan pilihan utama bahan masakan, terutama bagi penganut pola hidup sehat. Namun, kini banyak yang mengedarkan produk palsu dari virgin olive oil . Agar tidak tertipu, yuk cari tahu tips memilih minyak zaitun asli berikut ini.


Tips Memilih Olive Oil Yang Asli


1. Cium Aromanya
Sebagai salah satu jenis minyak yang baik untuk kesehatan, tak menutup kemungkinan akan mengundang banyak pihak untuk memalsukannya. Biasanya, minyak yang tiruan ini akan memiliki standar yang buruk, karena diolah dari buah zaitun dengan kualitas rendah bahkan ada pula yang menggantinya dengan bahan lain yang lebih murah, misalnya saja canola.


Namun, jangan khawatir karena masih banyak pula yang menjual olive oil asli. Minyak yang original bisa dikenali dari aromanya. Dimana, yang terbuat dari bahan murni biasanya akan memiliki bau yang segar dan bersih. Bahkan jika dihirup secara seksama, akan tercium sentuhan aroma rumput, sayuran, serta buah. Sebaliknya, pada minyak tiruan tidak akan menghasilkan bau yang seperti itu. Biasanya akan tercium aroma tengik, basi dan sedikit apek.


Untuk mengetes minyak zaitun asli, anda bisa menuangkan beberapa mililiter minyak ke dalam gelas maupun cangkir, kemudian letakkan diatas telapak tangan. Lalu, tutup sedikit bagian atas gelas dengan menggunakan tangan, dan cium aromanya. Apabila ada bau yang segar dan bersih, maka kemungkinannya minyak tersebut murni . Namun, jika tidak terdapat aroma tersebut bisa dipastikan minyak zaitun tiruan


2. Cek Rasanya
Tak hanya mencium aromanya saja, untuk mengetahui keasliannya sebaiknya anda mencicipi juga rasanya. Untuk mengetesnya, anda bisa menuangkan sesendok minyak zaitun, kemudian minum dalam sekali teguk. Apabila memiliki cita rasa rumput, sayuran dan buah, maka kemungkinan besar olive oil yang anda beli adalah produk asli. Selain itu, biasanya minyak murni juga terasa sedikit pahit, pedas merica da nada rasa mentega.


3. Letakkan Di Dalam Kulkas
Langkah lain untuk mengetahui olive oil yang anda beli adalah produk asli, maka cobalah untuk meletakkannya di dalam lemari es selama beberapa waktu. Biasanya, jika berkualitas tinggi minyak tersebut akan mengeras bahkan membeku sepenuhnya ketika didinginkan. Hal tersebut dapat terjadi karena, adanya kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun asli akan merubah teksturnya menjadi lebih kental serta keruh apabila diletakkan pada suhu rendah.


Umumnya, semua jenis minyak akan mengalami perubahan serupa ketika didinginkan. Akan tetapi, bila minyak yang tetap jernih bahkan tidak mengental sama sekali di suhu rendah, maka dapat dipastikan jika oil tersebut mempunyai kualitas yang buruk. Biasanya, jenis minyak tersebut telah diolah dan diberikan campuran dari beberapa jenis minyak lainnya.


4. Perhatikan Waktu Panennya
Agar mendapatkan olive oil dengan kualitas baik, maka ada baiknya untuk memperhatikan waktu panen yang tercantum pada label kemasan. Biasanya, minyak zaitun murni serta berkualitas premium akan menyematkan informasi tersebut dalam kemasannya. Waktu panen pada buah zaitun menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan untuk mengetahui minyak zaitun asli, dibandingkan dengan waktu pengemasannya.


Saat ini telah banyak beredar virgin olive oil yang palsu di pasaran. Agar tidak tertipu, ada baiknya untuk menggunakan beberapa tips tersebut ketika ingin membeli minyak sehat. Dengan menjalankan langkah tersebut, tentunya anda tidak akan salah ketika membelinya. Untuk mendapatkan extra virgin oil yang asli, anda bisa mengunjungi laman blibli.com. Pasalnya, jika ada kesalahan bukan manfaat kesehatan yang didapatkan, justru bahaya bagi tubuh.

0

0 komentar:

Posting Komentar