Blog Si ARA

Senin, 09 Juli 2018

Cara Membersihkan AC Rumah Sendiri Paling Mudah dan Cepat

Menjaga kebersihan AC memang harus Anda lakukan. Sebab jika  AC di rumah Anda tidak bersih maka debu dan kotoran akan terhirup ke sistem pernafasan. Tidak menutup kemungkinan juga akan muncul jamur yang tumbuh dengan sehatnya di dalam AC di rumah Anda. Sehingga jika AC sudah mulai tumbuh jamur bukan tidak mungkin jamur tersebut akan masuk ke saluran pernafasan Anda dan menyebabkan infeksi serius pada saluran pernafasan. Kebersihan filter AC harus menjadi pokok utama yang harus diperhatikan. Sebab jika komponen ini tidak dibersihkan secara rutin tentunya akan membuat AC menjadi tidak sehat untuk Anda gunakan. Jika komponen penting dari AC Anda tidak rajin dibersihkan yang akan terjadi adalah ACAnda akan mudah sekali menyebabkan sakit yang berkepanjangan.

 Komponen penting yang harus rutin mendapatkan perhatian adalah filter AC. Sebab filter adalahkomponenyang menyaring kotoran yang masuk. Jika Anda ingin membersihkan ACAnda sendiri di rumah berikut adalah langkah mudahnya:

•    Sebelum Anda melakukan pembongkaran pada komponen AC yang akan Anda bersihkan, Anda harus membersihkan bagian luarnya terlebih dahulu dengan menggunakan kemoceng supaya debu di bagian luar AC bisa bersih. Membersihkan bagian luar selain menggunakan kemoceng, gunakan juga lap basah untuk membersihkan debu yang menempel. Setelah itu lanjutkan dengan menggunakan lap kering. Setidaknya jika ada debu dan kotoran yang membandel di bagian luar AC dapat segera dibersihkan. Kotoran dari luar ini tentu juga berpotensi masuk ke dalam AC jika tidak dibersihkan terlebih dahulu.

•    Buka setiap komponen AC. Proses pembongkaran harus dilakukan perlahan. Kemudian bersihkan setiap komponen di dalam AC. Salah satunya adalah bagian evaporator dan juga bagian kipas. Membersihkan bagian evalorator supaya mudah, Anda bisa gunakan cairan khusus untuk membersihkan AC yang banyak dijual di supermarket. Biasanya cairan ini dalam bentuk spray yang mudah dalam proses aplikasinya. Bagian ini termasuk salah satu bagian yang paling penting. Sehingga membutuhkan ketelitian tinggi jika Anda ingin membersihkannya.

•    Bersihkan bagian filternya. Bagian filter ini memiliki fungsi untuk menyaring semua kotoran yang kemungkinan masuk ke dalam AC dan juga berpotensi mengotori AC di rumah. Selain itu, filter yang kotor kemungkinan besar akan menyebabkan penyakit serius. Jadi minimal bersihkan filter dengan menggunakan vACcum cleaner agar mencegah kotoran menempel. Serta  gunakan lap khusus untuk membersihkan filter dari jamur yang tumbuh di dalam AC. Komponen ini bisa dilepas pasang dengan mudah. Sehingga jika Anda ingin ACAnda bersih senantiasa, maka usahakan untuk rutin membersihkan filternya supaya tidak mudah kotoran menempel di dalamnya yang menyebabkan infeksi dan beberapa penyakit serius lainnya. Karena itu, pilih pendingin udara yang miliki filter yang miliki proteksi. Contohnya AC Gree yang memiliki kekuatan filter berakurasi tinggi karena punya kerapatan 0,3 mm dan dapat menyaring kotoran lebih baik. 

Kelebihan Filter AC Gree


 Membersihkan filter AC secara rutin dan teratur termasuk salah satu pekerjaan yang bisa Anda lakukan sendiri secara rutin untuk menjaga kualitas udara di dalam ruangan senantiasa bersih. Filter yang ada di AC biasanya dirancang mudah dibongkar dan mudah dipasang kembali. Sehingga jika Anda tidak ingin memanggil tukang AC untuk membersihkannya maka Anda bisa membersihkannya sendiri di rumah tanpa mengganggu dan memiliki resiko AC menjadi rusak. Menjaga kebersihan filter memang sangat penting. Terutama jika Anda dan keluarga memiliki riwayat penyakit yang berhubungan dengan pernafasan. Jadi sebagai langkah pencegahan supaya udara yang Anda hirup benar-benar bersih, maka Anda harus rutin menjaga kebersihan filternya agar kualitas udara tetap bersih dan juga sehat.

0

0 komentar:

Posting Komentar