Blog Si ARA

Sabtu, 27 Januari 2018

Optimalkan Perkembangan Bayi 6 Bulan Dengan Mainan-Mainan Ini

Perkembangan Bayi 6 Bulan

Pertumbuhan dan perkembangan bayi 6 bulan berlangsung sangat cepat. Oleh karena itu sungguh sayang apabila ada orang tua yang lebih memilih menitipkan anak pada ART-nya. Padahal masa kecil anak tidak akan terulang lagi. Apalagi saat masih bayi seperti ini, penting sekali bagi Anda untuk membangun bonding yang kuat dengan buah hati dengan meluangkan waktu untuk bersama. 

Dari hari ke hari, bukan hanya tubuh yang bertambah tinggi dan berat badan yang bertambah. Namun kemampuan anak juga bertambah. Semuanya seolah berjalan dengan cepatnya. Padahal rasa-rasanya bayi baru saja lahir kemarin, tapi hari ini bayi sudah berusia 6 bulan. Itu artinya, sebentar lagi si kecil sudah harus diperkenalkan dengan makanan lain selain ASI. 

Ya, bayi akan mulai dikenalkan dengan MPASI atau makanan pendamping ASI. Tapi sepertinya untuk pembahasan MPASI sudah sering Anda pelajari. Namun bagaimana dengan mainan bayi 6 bulan? Apabila belum mendapatkan referensi yang tepat, berikut ulasan yang dapat Anda jadikan acuan dalam memilihkan mainan untuk mendukung perkembangan bayi 6 bulan. 

Boneka Tangan
Saat anak dibaringkan pada tempat tidurnya, tidak jarang Anda menggantungkan beberapa mainan lucu di bagian atasnya. Ya, bayi menyukai sesuatu yang lucu dan penuh warna. Karena itu, guna mengoptimalkan perkembangannya, dibutuhkan mainan yang dapat merangsang kecerdasan otaknya.
Salah satunya adalah boneka tangan. Meski anak belum bisa merespon menggunakan kata-kata yang jelas, namun anak akan sangat menyukai aktivitas yang membuatnya dapat berinteraksi dengan Anda. Untuk boneka tangan ini bisa dipakai untuk mengajak bayi berbicara, bercerita dan lainnya. 

Rattle
Rattle ini dibuat dari bahan kait, plastik atau karet namun memiliki struktur yang lembut sehingga lebih sering dimanfaatkan untuk merangsang pertumbuhan gigi si kecil. Lebih dari itu mainan ini mempunyai bunyi gemerincing yang membuat bayi tertarik untuk memainkannya. 

Sesekali coba ambil mainannya lalu stimulasi dengan membunyikannya di arah yang berbeda. Lalu perhatikan respon bayi, biasanya bayi akan berusaha mencari asal bunyi tersebut. Ini akan merangsang indera pendengarannya. 

Alat Musik
Karena pada usia ini bayi sudah mulai memegang dan meraih apapun yang ada di sekitarnya, akan lebih baik apabila Anda memfasilitasi si kecil guna mengoptimalkan perkembangannya. 

Sediakan mainan seperti piano atau drum. Mainan-mainan ini bisa menstimulus gerak motorik halus. Jemari anak akan belajar menekan atau memukul sehingga dapat menghasilkan bunyi dari benda yang ditekan atau dipukulnya. 

Mobil-Mobilan
Usia 6 bulan adalah usia dimana bayi sedang aktif-aktifnya bergerak. Untuk memaksimalkannya, berikan mainan mobil-mobilan atau mainan lainnya (asalkan memiliki roda). Jadi ketika mainan tersebut Anda gerakkan atau ditarik, maka bayi akan berusaha untuk mengambilnya dengan menunjukkan gerakan merangkak. Ini sangat baik untuk merangsang motorik si kecil. 

Mainan-mainan seperti di atas sangat baik untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 6 bulan. Apabila anak mendapatkan stimulus yang tepat, maka respon yang diberikannya juga akan sesuai dengan yang Anda inginkan. Oleh sebab itu pastikan Anda tetap berusaha memberikan stimulus yang tepat, sesuai dengan tahap pertumbuhan dan perkembangan si kecil.
0

0 komentar:

Posting Komentar